Satwa Penenang Jiwa

Rusa.

Entah kenapa, saya jadi menyukai hewan ini. Wajahnya sendu, teduh, damai. Gambaran wajahnya itu selalu saya temukan tiap mengunjungi kebun raya Bogor atau hutan kota UI Depok. Dan tiap kali saya bertemu mereka, saya pasti memanggilnya, “Rusa….sini dong..” Sayang, saya hanya bisa berinteraksi dengan satwa yang selalu hidup berkelompok ini  dari balik jeruji pagar: menyentuh tanduknya yang seperti kayu itu atau mengelus bulunya yang berwarna coklat muda dengan corak bulat-bulat krem-nya.  Lalu saya biasanya memberi makan wortel (kalau kebetulan ada yang berjualan) atau rerumputan yang ada di sekitar saya (jenisnya sama seperti yang mereka makan supaya tidak keracunan, hehe) . Dan ketika saya mengulurkan tangan untuk memberikan makanan, mereka dengan senang hati menyulurkan mulutnya  ke tangan saya.

Rusa akhirnya menjadi salah satu “hiburan” ketika menikmati hijaunya area. Menenangkan jiwa sedikit dari hiruk pikuknya kota. Dari debu dan polusi yang buat saya pusing. Atau (beberapa) manusia yang tak lagi punya wajah sendu, teduh, damai. Semoga saja, saya masih bisa menikmati lebih lama kehijauan itu (artinya jangan disulap untuk pusat perbelanjaan) dan juga satwanya: rusa.

2 thoughts on “Satwa Penenang Jiwa

  1. JelajahiDuniaEly says:

    saya juga pengagum rusa, di sekitar rumahku masih banyak rusa liar, hidup bebas dan setiap bersepeda keliling desa serin saya lihat mereka di dekat hutan , danau atau tengah sawah, di blogku juga ada foto-foto mereka, karena saya juga suka ngintip dan memotret mereka 😛

  2. Saya suka binatang, apa saja, melihat rusa pun di Bogor sama denganmu, sama-sama dari balik jeruji. Kasihan ya, hanya karena kota yang makin sempit mereka cuma berfungsi jadi pajangan saja…

Leave a Reply

