31

Beruntungnya aku masih diberi hidup. Tambah setahun. Lirih, duka, tawa, ragu, pasti, ragu (lagi) telah mewarnai jalanku setahun kemarin. Keberanian-keberanian itu, yang telah banyak mengubah pemikiran selama ini; berani bilang tidak, berani ikuti kata hati.

30 sudah membawa pada satu bentuk jiwa baru seorang aku. Hidup harus memilih, dan kita memang harus berani memilih sendiri. Bukan karena takut pada orangtua, bukan karena kasihan pada orang lain, atau bukan karena takut tak punya uang. Sok idealis? Terserah apa namanya. Tapi, pada suatu titik kita harus berani untuk tidak membohongi diri sendiri. Aku memilih karena memang hati ikut memilih.

31 mengajakku untuk menguatkan masa 30. Aku ingin semakin matang untuk menguasai diri sendiri, memupuk kemampuan pikir untuk membuat orang lain bahagia. Pilihan-pilihan sudah aku catat dalam hati: tentang karir dan… kamu.

Hei kamu! Teruslah bersamaku di 31 dan selanjutnya.

 

Beji, 11 juni 2011

One day after birthday

Leave a Reply

