#onmymind

Sejak SMP saya suka menulis cerita pendek. Tapi, sayangnya ketika saya kirim ke majalah remaja sering ditolak. Ya sudah, akhirnya menyerah saja. Mungkin memang belum rezeki atau memang jalan hidup bukan menjadi penulis. Setelah itu, saya suka mengkhayal. Biasanya potongan kejadian saya dan orang lain. Tapi, buruknya apa yang saya khayalkan kerap terjadi. Kalau senang tak apa, tapi kalau sedih? Akhirnya saya putuskan tidak mau mengkhayal.

Meski menulis tetap menjadi bagian dalam hidup, akhirnya saya memilih melihat realitas sebagai bahan menulis saya. Meski terkesan mengada-ada, tapi semuanya nyata. Semenjak menjadi follower @fiksimini, saya menjadi terinspirasi menuliskan beberapa detik kejadian yang melintas di kepala.

Adalah #onmymind yang kemudian menjadi hagstag twitter saya untuk menampung sekelebat kejadian yang hadir. Idenya bisa dari topik nasional yang sedang menghangat, pengalaman mereka atau bahkan Anda! Sejak 7 Juni 2011 saya menulisnya dan setelah saya baca lagi, memang kebanyakan hal buruk. Apa memang kenyataannya demikian? Tentu tidak.. tapi sejauh ini, ironi masih mendominasi.

Lalu tujuannya apa? Saya menyuguhkan sebuah gambar imajinasi supaya kita tetap menjaga makna hidup sesungguhnya. #onmymind meminta kita untuk terus berempati..

 ***

Apa? Aku dipenjara karena mencontek?! Tapi Pak Guru dulu pernah bilang kalau mencontek itu tidak apa-apa! #onmymind

Lupa! Aku benar-benar lupa. Uang dari pejabat itu terakhir aku belikan apa. Rumah atau mobil.. #onmymind

Kami kehilangan dia. Karyawan yang bisa digaji murah dan mudah diperintah untuk kerja lembur. Tadi malam ia mati gantung diri. #onmymind

Mata ganti mata. Gigi ganti gigi. Kini saatnya aku menebas kepalanya. Kepala adikku semalam ditebasnya! #onmymind

“Apa salah punya rasa cinta?”katamu sambil meneteskan air mata. Aku memeluknya sambil berbisik,”Salah karena aku sudah beristri.”#onmymind

“Pa, aku tidur dulu ya. Besok pagi kita ke gereja ya..” kataku pada papa yang sedang terbujur di dalam peti. #onmymind

“Papa, mama pulang telat ya.. Iya ada rapat nih.” Alasan via telepon selesai dan aku kembali memeluknya. Pacar baruku. #onmymind

Segala sesuatu tak ada yang kebetulan. Siang ini, rumah depan kontrakanku kosong. Waktunya menyikat habis isinya! #onmymind

Hari ini genap sepuluh tahun aku bekerja sebagai penjilat. Kursiku selalu empuk di perusahaan itu. #onmymind

Akhirnya nyeri di dadanya selama ini hilang. Surga yang menyembuhkannya. #onmymind

***

…..dan #onmymind akan terus bercerita…

Beji, 15 Juni 2011

Leave a Reply

