Bung Matahari dan Saya

Siang itu terik sekali. Saya berkali-kali mengumpat karena gigitan sinar matahari. Ternyata umpatan saya didengar Bung Matahari. Ia kemudian menegur. “Kamu tak boleh mengumpat seperti itu!” serunya sambil terus memberi sinarnya yang aduhai panas. “Apa kamu bisa hidup tanpa saya?”

Saya menyipitkan mata karena silau sambil kemudian menggelang. “Lalu kenapa kamu mengeluh kepanasan?” “Bumi rasanya makin panas, Bung.. Kenapa tak segera turun hujan?” protes saya. “Manusia banyak maunya! Kalian sudah diberi Tuhan matahari dan bulan. Panas dan hujan. Siang dan malam. Tahu artinya apa? Kalian harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi itu. Tak mungkin panas terus atau hujan terus. Tak bisa selalu siang atau selalu malam. Kalau salah satu berkuasa, kalian akan mati!

Saya terdiam dan membenarkan ucapan Bung Matahari. “Bung, boleh saya ganti tanya?” Ia mengangguk. “Apa kamu pernah lelah bekerja? Maksud saya, capai terbit pada pagi hari, siang memanasi bumi, dan terbenam pada sore hari?” Bung Matahari tertawa lebar. “Mana ada kata capai di kamus kami? Saya, bulan, hujan, salju, sudah tahu bahwa tanpa adanya kami, manusia akan mati. Pencipta telah menugaskan kami untuk membuat kalian tetap hidup. Dan kami mematuhinya.

Kerap kalian, para manusia yang pemalas, cepat mengeluh karena pekerjaan berat. Dan itu membuat kami mencibir. Apa yang bisa kalian beri untuk diri sendiri? Bagaimana dengan Pencipta kalian yang sudah memberi kesempatan kerja? Kalian tak pernah memikirkan Dia!”

Saya tersindir sampai tak mampu menimpali pendapat Bung Matahari. “Manusia tak pernah puas ya, Bung?” “Itu tandanya kalian kurang bersyukur! Belajarlah bersyukur atas apa pun yang telah kalian terima. Termasuk panas siang ini. Itu akan lebih melegakan.” Saya terdiam lagi. “Kamu pasti bisa, sayang..” lanjutnya sambil tersenyum lebih ramah.

Siang yang tadinya terik mendadak menjadi hangat..

 

9 Mei 2010, 20.30

Terinspirasi oleh hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s