Tanda

Dalam ingin dan harap hidup, semangat tak kenal menyerah harus ada supaya mimpi berwujud, bukan sekadar angan. Namun dalam tiap hari perjalanan di dunia ini, kita perlu pandai membaca tanda Alam. Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis novel diantaranya Supernova dan Madre, mencipta lagu ‘Firasat’. Salah satu potongan liriknya seperti ini:

…Sayangku
Kupercaya Alam pun berbahasa
Ada makna dibalik semua pertanda
Firasat ini
Rasa rindukah ataukah tanda bahaya
Aku tak peduli
Kuterus berlari ….

Saya suka kata-kata: ‘kupercaya Alam pun berbahasa/ada makna di balik semua pertanda’. Alam selalu memberi tanda lewat suasana di tempat kita hidup. Alam juga menunjukkannya lewat tingkah laku manusia dengan manusia. Ketika kita terus mencari ingin namun kesempatan tak pernah ada, meski usaha sudah menghabiskan tenaga. Ketika kita sudah bekerja sungguh namun hasilnya tak pernah memuaskan orang lain bahkan mereka tak menghargai sedikit pun upaya kita.

Atau saat rasa sayang kita bertumbuh namun yang disayang pergi dengan orang lain; saat harus meninggalkan tempat kerja karena ketidakadilan; saat harus kehilangan berbagai hal yang seharusnya menjadi milik kita. Itulah saatnya istirahat dan menyadari kemampuan diri, kemudian membiarkan Alam mengembalikan kita pada jalur seharusnya. Seharusnya menurutNya, bukan kita.

Meski sakit, pahit, itu bagian dari pengalaman untuk menjadi pribadi yang cermat membaca tanda. Dan tenang saja, Ia akan memberikan sesuatu yang lebih berharga dan lebih indah.

Beji, 8:14 PM

Advertisements

2 thoughts on “Tanda

  1. indrijuwono says:

    hidup itu sebenarnya sederhana, dan pertanda bisa dibaca dengan pola-pola.
    aku percaya pertanda sebesar aku percaya keajaiban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s