Tentang Kenangan

Tidak ada yang salah dengan kenangan. Hanya waktunya yang kerap datang bak pencuri. Menyelinap di antara jam senggang. Ketika kau tengah terdiam menikmati ruang dan tiba-tiba ia menyentakmu. Melalui sosok, kerlingan mata, irama lagu, bahkan wangi parfum.

Kau kemudian dipaksa untuk menyusuri sejenak kenangan; hasil dari pemicu yang entah siapa pengirimnya. Sosok atau kerlingan mata atau irama lagu atau wangi parfum mampu mendeskripsikan siapa yang pernah bersama kau. Pernah menghabiskan waktu dengan siapa kau.

Dan bila itu pahit, sebisa mungkin kau hilangkan, kenangan sulit lari. Ia akan tinggal beberapa saat di pikiran kau -mungkin bernostalgia merasakan sakit?-

Dan bila itu indah, tentu kau akan memanjakan kenangan hinggap dalam waktu cukup lama. Atau bila kau cukup berani, kau akan mengambil ponsel lalu mengirim pesan singkat kepada dia yang tengah kau kenang. Sekadar bertanya: “Halo, apa kabar?”

Namun, itu terserah dirimu. Kenangan hanya mampir. Mengajak kau untuk menghargai waktu: bahwa yang hari ini sudah baik adanya.

 

11 Juni 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s