Doa di Taman Mini

Siang itu saat makan di sebuah mal, temanku, Anggita, bercerita tentang jalan-jalannya bersama sesama dosen ke Taman Mini Indonesia Indah -kami lebih sering menyebutnya Taman Mini-. Mereka menemani Profesor Kim yang datang dari Korea Selatan, setelah ia memberi kuliah umum di kampus kami pada pagi hari. Usai bercerita, dia bertanya, “Bu Arni sudah mengajak Damar ke Taman Mini?” Damar adalah anakku yang berusia 23 bulan. Mendengar tanyanya, aku lalu menjawab, “Sudah!”

Dan pertanyaan dia membawa ingatanku pada 2009 lalu.

Kau mengajakku pertama kalinya ke Taman Mini sebagai tujuan kencan selanjutnya. Persiapan aku mulai, membuatkan mie goreng sebagai bekal. “Biasanya mahal harga makanan di sana,” ujarmu memberi alasan. Aku saat itu semangat karena terakhir ke Taman Mini mungkin saat duduk di sekolah dasar. Taman Mini ini memang laris dikunjungi anak-anak sekolah. Seperti biasa, tujuannya adalah melihat kekayaan suku bangsa di Indonesia berupa rumah-rumah adat, tempat ibadah, dan juga museum kejayaan Presiden Soeharto. Satu tujuan yang menarik adalah Teater Keong Mas. Kami menonton film 4 dimensi. Setelah selesai menonton, kau ingin naik kereta gantung, tapi aku tidak mau. “Ya, kapan-kapan deh sama anak.” Aku diam saja, tidak berani menjawab. Masih terlalu dini untuk berpikir sejauh itu, kataku dalam hati.

Lalu, pada Agustus 2014 lalu kau mengajakku kembali ke Taman Mini dan kali ini bersama si buah hati, Damar. Keinginan naik kereta gantung tercapai walau Damar pada awalnya takut. Tapi, ia kemudian menikmati pemandangan dari atas. Selain naik kereta gantung, kami juga berkunjung ke taman burung, museum air tawar, dan museum transportasi. “Eta api!” teriaknya melihat moda transportasi kesukaannya, kereta api.

20140816_10403320140816_103643

Selama empat jam kami berada di Taman Mini dan rasanya memang lelah membawa anak kecil. Meski demikian, aku merasa bahagia. Doamu terkabul.

2:28 PM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s