berakhirnya keromantisan (?)

ada beberapa hal yang kemudian berubah setelah saya memasuki babak baru dalam hidup: rumah tangga. keromantisan masa pacaran seakan menguap. puisi-puisi rindu dan kutipan cinta entah ke mana rimbanya. kegiatan mencari nafkah dan mengurus anak serta segala tetek bengek kebutuhan rumah seakan menelan bait, lirik, ataupun syair puisi dan lagu kenangan saya dan dia. saya kira masa keromantisan itu berakhir setelah anak lahir. haha. saya tidak bercanda. tapi semenjak itu, makna puisi dan kutipan cinta saya dan dia rasanya telah melebur menjadi arti yang sesungguhnya. cinta yang dikobarkan para sastrawan lewat tulisan akhirnya menjadi nyata ketika kau sungguh tercebur di dalamnya. setelah itu tentu dengan susah payah kita harus berenang ke tepian untuk menyelamatkan diri. bertahan hidup.

bertahan hidup akhirnya yang harus saya dan dia lakukan. usai mengikrarkan janji sehidup semati, selanjutnya adalah mencari makan untuk keluarga. dan menabung! tabungan masa depan anak tentu sangat penting ketika biaya sekolah bukan semakin murah. belum lagi kebutuhan susu anak yang tiap minggu harus terpenuhi. jangan lupa juga biaya hidup lainnya.

rumah? ya, itu soal lain lagi. betapa harga papan kian menggila, saya dan dia berusaha tidak gila. tetap berdoa sambil mengumpulkan pundi untuk memilikinya suatu saat. suatu saat.

demikian sibuknya hidup saya dan dia hingga pada akhirnya kerap lupa pada puisi-puisi masa lalu. ada baiknya memang menyimpan berbagai pernik kenangan sebagai pengingat waktu: bahwa proses menjadi selamanya pernah ada.

(setelah pembicaraan saat sarapan)

Leave a Reply

