Mbah Kung

Kegetiran ini dimulai dari pertanyaan pasangan saya: “Natal nanti kamu kumpul di mana?”

Hari raya Lebaran atau Natal menjadi tradisi istimewa di tengah keluarga Bapak yang multi agama. Ini dimulai sejak saya SD atau SMP, dua puluh empat tahun lalu, kira-kira. Inisiatornya Soejalmo, Ayah Bapak. Saya dan saudara lainnya biasa memanggil Mbah Kung. Tiap Lebaran, Mbah Kung yang  tinggal di Blora, Jawa Tengah, kerap datang ke Jakarta-Bekasi-Depok untuk mengunjungi anak-anaknya. Kami kemudian berkumpul dan sungkem kepada beliau lalu berfoto bersama. Begitu pula saat Natal, kami berkumpul di rumah anak Mbah Kung yang mendapat giliran. Urutan dimulai dari anak tertua hingga termuda kemudian terus berputar sepanjang tahun. Karena anak Mbah Kung delapan orang, biasanya jatah di rumah Bapak sekitar dua tahun sekali.

Tradisi ini terus kami lakukan meski Mbah Kung tiada sekitar sepuluh tahun lalu. Ia kemudian meninggalkan satu hal utama: toleransi beragama. Namun, keadaan mulai berubah beberapa tahun belakangan. Kerumitan rumah tangga, informasi agama yang demikian fanatik, menyebabkan sedikit demi sedikit terjadi kerenggangan di antara kami. Saya hanya dengar dari cerita Bapak dan tidak berani berkomentar banyak. Meski saya ingin sekali berteriak: “Ingat pesan Mbah Kung untuk mengikat tali persaudaraan!” kepada mereka. Namun, apa daya…

Lalu saya menjawab datar pertanyaan pasangan: “Saudara yang mendapat giliran tahun ini sedang ke luar negeri saat Natal. Entah. Mungkin tidak ada acara berkumpul keluarga…”

Dan pagi ini saya teringat Mbah Kung. Rindu.

One thought on “Mbah Kung

Leave a Reply

