Perbedaan

Saya menghargai perjuangan. Terlebih dalam hal cinta. Di sekitar saya, semakin banyak teman yang berjuang demi kesatuan cinta walau ada perbedaan. Mereka gigih menjalani segala upaya demi abadi cinta. Gigih karena negara ini tidak mengatur soal perbedaan. Oleh sebab itu perlu daya khusus menyikapi aturan tersebut.

Kita tidak bisa begitu saja mengabaikan aturan, sebab pasangan tersebut tentu ingin memiliki keturunan yang juga diakui keberadaannya oleh negara. Itulah mengapa butuh daya khusus dalam menjalani perbedaan tersebut.

Selanjutnya soal buah hati. Meski terdapat perbedaan, ia atau mereka harus mendapat arahan sehingga tidak terombang-ambing dalam suasana mengambang: tidak memiliki pegangan untuk hidup selanjutnya. Seperti kata seorang teman, “peran ibu sangat penting dalam hal ini. ”

Ah, saya bisa bicara begini karena sudah melewati satu babak persiapan pernikahan. Dan saat itu saya baru tahu bahwa perbedaan memakan banyak tenaga dan pengorbanan. Yang saya tidak mampu jika harus melakoninya.

Kepada mereka yang sedang berjuang menjalani perbedaan, semoga setia dalam perjuangan. Salut untuk keberanian itu 🙂

Leave a Reply

