Masa Senja

Semua orang akan menjadi tua. Meski kita bisa saja tidak mau. Apalagi bagi seorang ‘workaholic’. Hingga usia senja masih bekerja, naik transportasi massal atau dengan supir menuju tempat kerja walau mereka sudah pensiun. “Saya sekarang menjadi tenaga ahli,” kata seorang bapak usia kepala tujuh. Namun, “sekarang suka sesak kalau terlambat makan,” sambungnya. Dulu waktu muda, ia suka menunda makan karena pekerjaan. Kini, ia masih terbawa masa muda yang sayangnya tubuh telah tak sanggup.

Kemudian saya iri pada orang tua di Tiongkok. “Mereka pensiun usia 50. Lalu diberi tunjangan oleh pemerintah.  Hidup sehari-hari main catur atau menyulam di taman kota,” cerita suami saya. Di sebuah acara televisi berbayar, mereka juga mengajar bela diri tradisional Tiongkok kepada anak-anak. Dan mereka (tampak) bahagia.

Tentu saya tidak bisa mengukur kebahagiaan seseorang dari tampak luar. Namun, cara mereka menikmati hari tua jauh berbeda dengan orang-orang tua di sekitar saya. Saya lalu berpikir, bagaimana saya tua nanti? Apakah akan merepotkan anak? Apakah saya akan sakit-sakitan? (Baik, lalu saya teringat pada jasa asuransi pensiun sebab saya bukan pegawai negeri sipil).

Mudah-mudahan, di kota saya di masa depan telah ada taman untuk lansia menikmati hidup. Mungkin suatu saat kita -dengan kulit mengerut dan rambut beruban- bisa bertemu di taman itu dan bercerita soal tanaman atau bunga. Bukan politik.

2 thoughts on “Masa Senja

  1. christinsilitonga says:

    Ternyata kita sama-sama punya tulisan tentang masa tua. Mbak Arni di taman, saya di teras belakang rumah. Beda tempat. Tetapi kalau pun kita bertemu di taman itu, curiganya topik pembicaraan pun tak jauh2 dari politik. Hehehe…^^

Leave a Reply

