Keberanian Buta

Perjalanan dalam hidup ini proses. Bagaimana kita menjadi manusia baik butuh proses. Tidak bisa tiba-tiba kita menjadi pintar tanpa sekolah atau belajar. Tidak bisa kita berbudi pekerti baik tanpa menyerap kebajikan yang ditanam oleh agama atau kepercayaan apapun.

Begitu pula saat meraih jenjang akhir di perguruan tinggi. Kita tidak bisa begitu saja lulus tanpa berdiskusi dengan pembimbing atau narasumber. Mereka diberi wewenang oleh lembaga untuk memberi masukan dan mengkritisi isi makalah atau rancangan mahasiswa. Sebagai bukti tatap muka tersebut, disediakan kartu berisi tanda tangan pembimbing. Pentingkah tanda tangan itu? Sangat penting!

Saat mahasiswa, jiwa kita terlalu bebas. Enggan mematuhi aturan. Aturan cuma membelenggu. Namun, menurut saya, aturan-aturan tersebut yang membentuk kita menjadi pribadi berdisplin. Kita harus membagi waktu antara mengolah makalah yang kita banggakan kemudian mempresentasikan di depan pembimbing. Sebelum akhirnya diuji oleh ahli lain. Bayangkan, kita tidak pernah bertemu pembimbing, lalu dengan ‘sok tahu’ menjawab ujian. Berdasarkan pengalaman di lapangan, keberanian buta itu berakhir dengan ketidaklulusan.

Jadi, jika ada anggapan bahwa kelulusan hanya karena tanda tangan pembimbing memang benar. Karena jika itu bukan dasar perhitungan kelulusan, mahasiswa tidak punya kendali atas perbaikan pekerjaannya sendiri. Mahasiswa merasa paling benar, padahal ada yang tahu lebih banyak kebenaran dibandingkan dia.

[Mahasiswa yang menginspirasi saya untuk menulis ini gugur mengikuti tugas akhir. Jumlah tanda-tangan pembimbingnya tidak memenuhi persyaratan].

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s