Pembicaraan Mengenai Kota

“Bagaimana menurutmu dengan walikota yang baru itu?”

Saya cuma tersenyum. “Menurutmu bagaimana?” Saya tanya balik.

Gimana, ya. Kayaknya sama aja dengan yang dulu. Jalanan masih macet. Sumpek!” Jawabnya dengan wajah masam. “Jika akhir pekan, saya malas jalan ke luar rumah. Macet di mana-mana. Setiap sisi kiri kanan jalan pasti ada pertokoan yang minim tempat parkir. Atau kendaraan yang keluar masuk toko, rumah makan, bikin antrean kendaraan di jalan,” sambung saya.

Dia mengangguk-angguk. Sambungnya, “Saya cari data tentang rencana ketinggian bangunan di dinas tata kota, mereka bilang belum punya…”

“Padahal sudah ada apartemen 20 lantai di situ?” Tanya saya balik. Dia mengiyakan dengan wajah bingung. “Begitulah… Pemerintah kota seharusnya memiliki peraturan dulu, baru swasta atau masyarakat mengkutinya. Bukan semuanya diserahkan pasar,” kata saya.

“Oleh karena itu, wajah kota kita tampak begitu komersial? market oriented?” Dia menduga. Saya tersenyum. “Sampai di jalan lingkungan pun perdagangan bersaing. Dari toko kelontong, bengkel, jual-beli mobil, sampai jasa pengecatan mobil tersebut. Semua lahan dipakai dagang!” Seru saya.

“Pada akhirnya, saya memilih pindah dari kota itu. Semua harga meningkat termasuk tanah untuk rumah atau perumahan,” sambung saya.

“Walau, pasti di pinggiran kota tempat tinggalmu nanti, akan sumpek juga jika tidak diantisipasi dari sekarang oleh si bupati,” ujarnya.

Saya mengangguk lemah. Teori-teori tentang kota yang baik tampaknya tidak laku di tempat kami berada: kota yang mengutamakan keselamatan pejalan kaki; kota yang memiliki ruang-ruang terbuka umum untuk bersosialiasi atau tempat bermain anak; kota yang punya jalur transportasi massal; kota yang memiliki parkir bersama; kota yang menyediakan rumah murah.

Atau semua teori itu memang cuma ilusi. Utopia.

 

 

Leave a Reply

